Cara Membuat Bootable Ubuntu dengan Rufus di Windows - Sobat Blog

Wednesday, February 6, 2019

Cara Membuat Bootable Ubuntu dengan Rufus di Windows

Cara Membuat Ubuntu dengan Rufus (GGS TKJ)
Cara Membuat Ubuntu dengan Rufus

Pernahkan Kalian Membeli DVD SO (Sistem Operasi), Dari pada kita Membeli DVD harus Mengeluarkan Banyak Uang Sebaiknya Kita Menggunakan Peralatan yang Sudah ada,

Kali ini Kami Akan Mengaja Kalian Untuk Menghemat, Karena Hemat itu Pangkal kaya kalau Sudah kaya Jangan Lupa Sedekah hehe... Ya kita Akan Membagikan Tutorial Cara Membuat Bootable Ubuntu dengan Rufus di Windows ini Sama saja Cara Membuat Bootable Linux dengan Rufus?.

Let's Go It

Persiapkan Bahan Bahannya:
1. Unduh Software Rufusnya (Link Klik Sini)
2. ISO Ubuntunya (Link Klik Sini)
3. Flashdisk min 4 Gb ( Bila Tidak Punya Pinjam hehe)
4. Laptop atau Komputer kalian (Bila Tidak Punya Beli, Ngapain Bootable bila tidak Punya Laptop atau Komputer hmmm... )

Bila Semua Bahan Telah Siap maka kita Lanjut ke Tutorial

Cara Bootable Ubuntu dengan Rufus di Windows


1. Buka Software Rufus kalian Bila tidak punya dilahkan Unduh Link nya Ada diatas! Nanti saat Membuaka ada Kotak Dialog User Account Control tinggal klik Yes.

Tampilan Rufus ( GGS TKJ )
Tampilan Rufus

2. Klik SELECT, Device itu adalah Nama Flashdisk kita Jadi Jangan Bingung itu kok Namanya sudah UBUNTU 18_0 karena itu Flashdisk sudah pernah Saya Buat Bootable hehe. Lanjut Setelah Klik SELECT kita Cari File ISO UBUNTU anda.

Cari File ISO UBUNTU ( GGS TKJ )
Cari File ISO UBUNTU

3. Setelah Selesai SELECT tanpa basa basi kita Klik START untuk Bootable normal. Jika kamu mau Otak Atik Sendiri ya gpp RESIKO tanggung sendiri. :)

Memulai Bootable dengan Rufus ( GGS TKJ )
Memulai Bootable dengan Rufus

4. Nanti akan muncul ISOHybrid image detected nah disitu pilih aja Write in ISO image mode (Recomended) lalu Ok

Pemulilihan Mode ISO atau DD ( GGS TKJ )
Pemilihan Mode ISO atau DD

5. Muncul lagi Kotak Dialog Seperti dibawah, Yang initinya Flashdisk kalian akan di Format untuk Melanjutkan Membootable. Bila Setuju unutk memformatnya Klik OK.

Kotak Dialong KONFIRMASI PEMFORMATAN FLASHDISK ( GGS TKJ )
KONFIRMASI PEMFORMATAN

6. Setelah klik Ok maka Proses Pembuatan Bootable Akan Berjalan.

Proses Bootable ( GGS TKJ )
Proses Bootable

7. Tunggu saja Sambing Ngopi hehe. Proses ini Biasanya Membutuhkan Waktu yang Lama Ya Tergantung Kualitas Flashdisk dan Spec Pc kalian, bila Sudah Selesai maka Akan ada Notifikasi atau Suara Ting :v pada Windows 10

Bootable Selesai ( GGS TKJ )
Bootable Selesai

Sekian Tutorial Dari saya Yaitu Cara Membuat Bootable Ubuntu dengan Rufus di Windows Semoga Bermanfaat :)

Selesai deh Kalian tinggal Masuk Ke BIOS atau UEFI untuk Melanjutkan Penginstalan Ubuntu.

Jika Kurang Paham bisa Lihat Videonya, Jangan Lupa SUBSCRIBE
Untuk Video Tutorialnya Ada Disini:


Sekian Tutorial dari Saya Kalau ada yang Kurang Jelas Silahkan Beri Komentar di Bawah
Salam TKJ
Salam Blogger

Disqus Codes
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>
  • To write a underline letter please use <u></u>
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Notifications

Disqus Logo